SOP PENELITIAN & PENGABDIAN MASYARAKAT

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAKSANAAN PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
LPPM STMIK Balikpapan

A. Tujuan

Tujuan Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Menjamin pelaksanaan proses pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen kepada masyarakat luas. Prosedur ini sebagai acuan bagi unit terkait dalam proses pengabdian kepada masyarakat.

B. Definisi
Pengabdian kepada Masyarakat adalah salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan membantu masyarakat mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapnya dengan menggunakan teknologi tepat guna dengan melibatkan sepenuhnya partisipasi masyarakat.

C. Penanggung Jawab
1. Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat LPPM
2. Ketua Program Studi

D. Prosedur
1. Sosialisasi Program
LPPM mensosialisasikan hibah Pengabdian Kepada Masyarakat baik biaya dari pihak eksternal maupun internal.

2. Penyusunan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat
Dosen sencara mandiri atau kelompok menyusun proposal Pengabdian Kepada Masyarakat
a. Proposal ditulis sesuai dengan panduan penulisan ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM
b. Pihak yang mengesahkan Proposal yaitu, Dekan dan Ketua LPPM dan Kerjasama.
c. Lembar pengesahan disesuaikan dengan panduan yang dikeluarkan oleh pihak pemberi dana
d. Warna sampul proposal disesuaikan dengan jenis hibah yang dituju.
e. Proposal dilengkapi dengan rincian biaya yang diperlukan dengan ketentuan sesuai panduan yang dikeluarkan oleh pihak pemberi dana,

3. Pengajan Proposal ke LPPM
Dosen mengajukan proposal pengabdian kepada Masyarakat yang sudah disahkan
Dekan kepada LPPM dan Kerjasama STMIK Balikpapan. LPPM dan Kerjasama STMIK Balikpapan menerima, mencatat/mengadministrasikan proposal yang masuk

4. Penugasan tim reviu internal
LPPM dan Kerjasama menunjuk dan menugaskan Tim Reviu untuk menilai kelayakan proposal yang masuk

5. Reviu Proposal
Tim Reviuer mereviu Proposal di bawah koordinasi LPPM dan Kerjasama dengan hasil tiga kemungkinan:
a. Proposal diterima tanpa perbaikan untuk diusulkan mendapatkan biaya dari STMIK Balikpapanatau Lembaga pemberi dana lainnya.
b. Proposal diterima dengan revisi, (LPPM dan kerjasama memberitahukan kepada ketua pelaksana melalui surat atau media lainnya),
c. Ditolak (stop)
Proposal yang diterima, apabila menggunakan dana hibah, maka LPPM meng-upload ke Simlitabmas Ditjen Dikti Kemdikbud

6. Penandatanganan Kontrak
a. Sebelum melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen menandatangani kontrak antara pihak pertama (Ketua LPPM dan Kerjasama dan pihak kedua (Ketua) menyangkut hak dan kewajiban pihak pertama dan kedua
b. Dosen menerima dana Pengabdian Kepada Masyarakat tahap pertama melalui Bendahara LPPM sebesar 75% ke rekening masing-masing.

7. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat
Dosen melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat
a. Dosen dapat mengajukan surat ijin untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada Ketua LPPM dan Kerjasama
b. Dosen dapat meminta surat tugas kepada LPPM dan Kerjasama untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan di luar STMIK Balikpapan

8. Monev pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat
LPPM dan Kerjasama STMIK Balikpapan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) atas pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibiayai oleh Universitas melalui LPPM. Apabila pengabdian kepada masyarakat dibiayai oleh pihak lain, maka LPPM dan Kerjasama STMIK Balikpapan membantu / menfasilitasi / mendampingi pelaksanaan Monev. Program Pengabdian kepada Masyarakat yang menerima dana hibah, maka LPPM meng-upload hasil ke Simlitabmas Ditjen Dikti Kemdikbud

9. Penyusunan Laporan
Dosen menyusun laporan Pengabdian Kepada Masyarakat dan menyusun laporan keuangan
a. Dosen menyerahkan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat kepada LPPM dan kerjasama setelah ditandatangani oleh Dekan.
b. Dosen Menerima sisa dana 25% melalui Bendahara LPPM ke rekening yang bersangkutan.
c. Program Pengabdian kepada Masyarakat yang menerima dana hibah, maka LPPM meng-upload laporan hasil pengabdian kepada masyarakat ke Simlitabmas Ditjen Dikti Kemdikbud

10. Tindak lanjut
Dosen mempublikasikan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk seminar kecil yang dihadiri minimal 7 orang dibuktikan dengan surat undangan, berita acara, daftar hadir, materi seminar, dan dokumentasi.
a. Kelompok kerja membuat Proposal kegiatan dan diajukan kepada Kepala Bagian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
b. Laporan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat digandakan dan didistribusikan oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kepada program studi yang terkait.

E. Persyaratan
Persyaratan bagi peserta Program Pengabdian kepada Masyarakat Kompetitif ini adalah sebagai berikut.
1. Peserta adalah dosen tetap di lingkungan STMIK Balikpapan.
2. Jumlah anggota tim minimal 3 dan maksimal 4 orang staf pengajar (ketua dan anggota).
3. Pengajuan proposal dilampiri road map penelitian di tingkat Program Studi

F. Kriteria Penilaian Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat
Terdapat 6 (enam) kriteria sebagai dasar penilaian proposal pengabdian kepada masyarakat:

No. Komponen Kriteria
1. Masalah yang ditangani a. Judul
b. Pendahuluan
c. Tinjauan Pustaka
d. Perumusan Masalah
2. Road Map Pengabdian a.   Kesesuaian
3. Tujuan dan Manfaat a.  Tujuan
b.  Manfaat
4. Kerangka Berpikir a. Pemecahan masalah
b. Khalayak sasaran antara yang strategis
c. Keterkaitan
d. Metode kegiatan
5. Evaluasi a.  Rancangan Evaluasi
6. Fisibilitas a. Rencana dan Jadwal
b. Organisasi pelaksana
c. Rencana belanja
d. Lain-lain

G. Mekanisme Pendanaan
Proposal Program Pengabdian kepada Masyarakat kompetitif yang lolos seleksi akan dibiayai oleh dana LPPM maksimal sebesar Rp 1.500.000,00 (dua juta rupiah).

H. Monitoring dan Evaluasi
1. Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan pengabdian dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Ketua LPPM dengan melakukan review dan jika dipandang perlu melakukan kunjungan langsung ke lokasi penelitian, setelah peneliti menyerahkan laporan kemajuan hasil penelitiannya yang telah dicapai.
2. Jika hasil pengabdian kepada masyarakat tidak sesuai dengan rencana dan tidak terdapat alasan yang rasional dapat diterima, maka dapat ditolak.

I. Tata CaraUsulan Pengabdian KepadaMasyarakat
1. Pengusulan Program
Proposal diusulkan oleh dosen tetap di lingkungan STMIK BALIKPAPAN melalui LPPM dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Proposal diketik dengan ukuran spasi 1,5 spasi, huruf Times New Roman, Font Size 12.
b. Ukuran kertas A4.
c. Dijilid rapi dengan cover biru tua.
d. Kanan atas cover ditulis “Program Pengabdian kepada Masyarakat”
e. Proposal dibuat rangkap 2 (dua) eksemplar dan CD diserahkan kepada LPPM.
2. Sistematika Usulan Proposal Pengabdian
Bab 1. Judul
Singkat dan cukup spesifik tetapi jelas menggambarkan kegiatan pengabdian yang akan dilakukan. Usulan program hendaknya disesuaikan dengan bidang keilmuan yang ditekuni dan menjadi perhatian pengusul.
Bab 2. Pendahuluan
Gambarkan secara kuantitatif potret, profil, dan kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan penerapan Ipteks. Gambarkan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi, maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan. Kegiatan yang diusulkan hendaknya spesifik dengan memperhatikan kebutuhan khalayak sasaran dan betul-betul merupakan masalah yang perlu segera diselesaikan.
Bab 3. Perumusan Masalah
Rumuskan masalah secara konkret dan jelas. Perumusan masalah, menjelaskan pula definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan Penerapan Ipteks.
Bab 4. Tinjauan Pustaka
Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari program pengabdian yang akan dilakukan. Tinjauan pustaka menguraikan teori, temuan dan bahan yang berkaitan dengan program yang akan diterapkan. Uraian dalam Tinjauan Pustaka dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep  yang akan digunakan dalam program pengabdian. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka yang disajikan di lampiran.
Bab 5. Tujuan Kegiatan
Rumusan yang akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan pengabdian selesai. Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
Bab 6. Manfaat Kegiatan
Gambarkan manfaat dari khalayak sasaran, dari sisi ekonomi, sosial maupun penerapan Ipteks, apabila perubahan kondisi terjadi setelah kegiatan
Bab 7. Khalayak Sasaran
Uraikan spesifikasi dan profil khalayak sasaran yang dianggap strategis (mampu dan mau) untuk dilibatkan dalam program pengabdian, serta dapat rnenyebarluaskan hasil kegiatan pada anggota khalayak sasaran yang lain. Proses pemilihan khalayak sasaran hendaknya dilakukan dengan situasi lapangan dan berdasarkan kriteria yang disiapkan oleh tim pengusul.
Bab 8. Metode Penerapan Ipteks
Gambarkan cara penerapan program secara jelas dan terinci sehingga mampu menyelesaikan permasalah yang telah dirumuskan. Kegiatan yang dilaksanakan didasarkan pada hasil-hasil penelitian/pendidikan.
Bab 9. Keterkaitan
Uraikan keterkaitan antara kegiatan yang dilakukan dan berbagai institusi terkait dengan menjelaskan peran dan manfaat yang diperoleh setiap institusi yang terkait.

Institusi Peran Manfaat Yang Diperoleh

Bab 10. Rancangan Evaluasi
Uraikan bagaimana dan kapan evaluasi akan dilakukan. Apa saja kriteria, indikator pencapaian tujuan, dan tolok ukur yang digunakan untuk menyatakan keberhasilan dari kegiatan yang dilakukan.
Bab 11. Jadwal Pelaksanaan
Gambarkan tahap-tahap kegiatan dan jadwal secara spesifik dan jelas dalam suatu barchart. Jelaskan pula apa yang akan dikerjakan, kapan, dan di mana.
Bab 12. Jadwal Pengusul
Pengusul program pengabdian adalah dosen tetap di lingkungan STMIK Balikpapa. Program yang diusulkan hendaknya relevan dengan bidang keilmuan pengusul. Seorang pengusul hanya dapat menjadi ketua dan atau sebagai anggota di dua judul kegiatan program pengabdian lain dan tidak merangkap sebagai ketua program yang didanai yang lain pada tahun yang sama.
Bab 13. Personalia Pelaksana
Personalia yang terlibat dalam pengabdian adalah mereka yang sesuai dengan bidangnya dan benar-benar dapat menyediakan waktu (diperhitungkan dengan beban tugas lain) untuk kegiatan ini, yang pada umumnya terdiri dari
1. Ketua Pelaksana
a. Nama :
b. Jenis Kelamin :
c. NIDN :
d. Disiplin Ilmu :
e. Jabatan fungsional :
f. Fakultas/Jurusan :
g. Waktu Kegiatan :
2. Anggota Pelaksana
a. Nama :
b. Jenis Kelamin :
c. NIDN :
d. Disiplin Ilmu :
e. Jabatanfungsional :
f. Fakultas/Jurusan :
g. Waktu Kegiatan :

 J. Skema Alur Pengabdian Kepada Masyarakat
Secara keseluruhan alur Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlaku di STMIK Balikpapan
adalah sebagai berikut:
1. Penyusunan Proposal
2. Pengajuan Proposal
3. Reviu Proposal
4. Penandatanganan Kontrak
5. Pencairan Dana Pengabdian 75%
6. Pelaksanaan Pengabdian
7. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pengabdian
8. Penyusunan Laporan Pengabdian
9. Pencairan Dana Pengabdian 25%
10. Publikasi Pelaksanaan Pengabdian